ALGORITMA
DAN BAHASA PEMOGRAMAN
DENGAN
BAHASA DELPHI 5.0
BAB
I
A.
DASAR DASAR ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
Algoritma
merupakan alat untuk menyelesaikan masalah, konsep dasar dari sebuah program,
dan dalam pembuatannya diperlukan daya nalar yang baik dan logis.
Langkah langkah
penyelesaian Masalah pada algoritma :
-
Logis
-
Terstruktur
-
Sistematis
-
Berurutan
Komputer adalah rangkaian
elektronik yang hanya dapat bekerja dalan keadaan ON ter aliri arus listrik (
keadaan ini diwakili oleh angka biner (satu) 1 ) dan OFF tanpa dialiri arus
listrik ( 0 (nol) dalam bilangan biner ).
Komputer tidak mengenal
bilangan, huruf, atau lainnya, akan tetapi semua itu dikenal oleh komputer
berdasarkan kepada bentuk rangkaian bilangan biner 1 dan 0. Simbol-simbol yang
dikenal oleh komputer dihimpun dalam satu tabel ASCII ( American Standard Coded Information Interchange ).
Program adalah
sekumpulan perintah
Bahasa pemrograman
komputer ialah alat untuk mengkonfrensi atau mentransformasi perintah perintah
supaya dimengerti oleh Komputer atau dengan kata lain Bahasa Pemrograman alat
untuk berkomunikasi antara User ( Programer ) dengan komputer.
fungsi dari Pemrograman
ialah sebagai penerjemah susunan perintah yang kita berikan kepada komputer
melalui bahasa pemrograman.
Bahasa pemrograman
dibagi menjadi 2 ( dua ) :
Tingkat tinggi ( High
Level Language ) seperti Pascal, Basic, C, dan Fortan.
Tingkat rendah ( Low
Level Language ) yaitu Assembly.
Bahasa pemrograman pada komputer diantaranya :
Pascal/Delphi, Basic, C/C++
B. PROSES PENYELESAIAN MASALAH
B. PROSES PENYELESAIAN MASALAH
Dalam proses penyelesaian masalah dibutuhkan usaha untuk
mencari suatu cara atau model terbaik sebagai solusi sebagai solusi terhadap
masalah yang dihadapinya. yang kemudian dibuat konsep serta langkah langkah
yang didesain secara nyata.
Tahapan penyelesaian
masalah :
1.
Mendefinisikan masalah.
2.
Mencari model-model penyelesaian masalah
yang cocok. ( Berkaitan dengan data dan struktur data).
3.
Menyusun konsep langkah langkah
penyelesaian masalah. (berupa algoritma).
4.
Tahap Pelaksanaan urutan langkah langkah
penyelesaian masalah secara nyata. (Penyusunan program yang dijalankan oleh komputer).
C.
ALGORITMA
Program dibentuk dengan runtutan perintah ( statement )
sebagai berikut :
a)
Berurutan ( Squence ).
b)
Pencabangan ( Conditional ).
c)
Pengulangan ( Looping/Iterasi ).
d)
Perintah dasar algoritma ( statement ).
a)
Struktur perintah berurutan harus
dikerjakan secara berurutan dari atas ke bawah yang di awali oleh notasi BEGIN
dan diakhiri dengan notasi END.
b)
Struktur perintah pencabangan terdiri
dari satu atau beberapa blok baris perintah yang harus dikerjakan melalui
pemberian persyaratan ( kondisi ) tertentu yang harus dipenuhi adapun
perintahnya ialah IF-THEN, IF-THEN-ELSE, IF-THEN-ELSE-IF-CASE.
IF
: untuk memilih 1 proses dari beberapa proses berdasarkan kriteria yang
diberikan.
c)
Struktur perintah pengulangan terdiri
dari tiga bentuk perintah WHILE, FOR, REPEAT-UNTUL yang didahului dengan
pengujian suatu kondisi dan dikerjakan melalui pemberian suatu persyaratan (
kondisi ) tertentu yang harus dipenuhi.
d)
Perintah dasar algoritma terbagi dalam
bebera macam yaitu :
1. Penugasan
( assignment ) proses pemberian nilai pada suatu variabel
2. Inisialisasi
( initialize ) proses pemberian nilai awal pada suatu variabel misal
3. Penggandaan/Duplikasi
( duplicate ) proses pemberian nilai pada suatu variabel dari nilai variabel
yang lainnya.
4. Afektasi
adalah proses pemberian nilai pada suatu variabel dari variabel yang lain,
sehingga akan mempunyai nilai yang sama dari keduanya. yang tujuannya agar
nilai semula tidak berubah jika digunakan untuk proses-proses selanjutnya.
5. Akumulasi
proses pemberian nialai pada suatu variabel dari proses penjumlahan atau
perkalian antara variabel dengan variabel lain dan hasilnya disimpan kembali
pada variabel yang bersangkutan.
6. Pencacah
( Counter ) proses pemberian nilai pada suatu variabel dari proses penjumlahna
atau perkalian antara variabel dengan sebuah konstanta ( nilai ) dan hasilnya
disimpan kembali pada variabel.
D.
INPUT, PROSES DAN OUTPUT
Dalam penyusunan Algoritma ( Program ) ada beberapa
urutan langkah yang harus diperhatikan ialah :
IPO ( Input, Proses,
Output )
1.
Input adalah proses pengisian /
pemasukkan data melalui peralatan masukan ( keyboar dan mouse ) atau yang
lainnya melalui pengisian data langsung pada suatu variabel didalam program,
yang akan digunakan untuk proses-proses berikutnya. dalam hal ini contoh nya
perintah READ.
2.
Proses adalah satu atau lebih pernyataan
( statement ) yang akan dikerjakan oleh program, berupa langkah langkah
pengolahan data dengan menggunakan operator yang disesuaikan dengan tipe data
yang telah didefinisikan pada deklarasi variabel.
3.
Output ialah berupua informasi (
keluaran ) merupakan hasil dari proses program.
E.
FLOWCHART
Ialah diagram alir data dari suatu kerangka program.
F.
STRUKTUR ALGORITMA DAN PROGRAM
Struktur yang dibangun oleh runtutuan perintah,
pengendalian kondisi proses dan pengulangan ( iterasi ) proses.
subprogram : sekumpulan
modul modul program
G.
SIMBOL
Simbul digunakan untuk mempresentasikan suatu data
komputer
simbol simbol yang
digunakan diantaranya :
1.
Simbol-simbol khusus dan aritmatika
2.
Simbol bilangan :
a. bilangan
basis 2 ( Bit )
b. bilangan
basis 8 ( Octal )
c. bilangan
basis 10 ( Decimal )
d. bilangan
basis 16 ( Hexadecimal )
3.
Simbol Char ( alfabet ) dan String (
kumpulan alfabet yang memiliki arti, membentuk suatu kata )
H.
TIPE DATA
adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk
memenuhi kebutuhan data perkantoran, bisnis, sains, dan hiburan.
Boolean : tipe data logika ( T / true dan F
/ false )
Integer : tipe data bilangan bulat
Real : tipe data bilangan pecahan
Subrange : tipe data bilangan yang mempunyai
jangkauan nilai tertentu.
Enumerasi : tipe data yang mempunyai
elemen-elemen terbilang ( tertentu ) yang disebut satu persatu dan bernilai
konstanta integer sesuai dengan urutannya.
Array / larik : tipe data yang sudah terstruktur baik
namun sederhana.
Record : tipe data komposit yang sudah
terstruktur dengan baik ( gabungan dari numerik, string atau char, boolean,
atau tipe data lainya )
Array
Record : tipe data array yang dibangun
dari tipe data record
Citrra : tipe data grafik atau gambar,
banyak digunakan pada aplikasi video
I.
VARIABEL
variabel
yaitu suatu nama lokasi memori yang digunakan untuk menampung data ( tipe data
) tertentu yang akan diolah komputer melalui program yang dibuat programer.
variabel
memiliki aturan pembuatannya yaitu :
1. diawali
oleh huruf atau karakter
2. boleh
menggunakan kombinasi huruf dan angka
3. tidak
boleh menggunakan spasi ( blank )
4. tidak
boleh menggunakan simbol khusus, tanda baca dsb
5. boleh
menggunakan underscore sbagai pengganti
spasi
6. tidak
boleh diawali dengan angka/bilangan.
J.
KONSTANTA
suatu harga yang diberikan ( disimpan ) pada sebuah
variabel
K.
OPERATOR
sekumpulan simbol yang digunakan untuk manipulasi data (
operasi data ) saat dilakukan eksekusi program.
operator dibagi menjadi
4 :
1.
Operator Aritmatika ( angka dan bilangan
)
2.
Operator Logika ( boolean )
3.
Operator Pembanding ( untuk menghasilkan
data logika salah/benar )
4.
Operator String ( untuk penggabungan dan
perbandingan 2 ( dua ) string )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar